About Game

Permainan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. Kegiatan yang biasanya dilakukan untuk kesenangan dan kadang-kadang digunakan sebagai pendidikan alat. Permainan yang berbeda dari pekerjaan, yang biasanya dilakukan untuk gaji, dan dari seni, yang lebih berkaitan dengan ekspresi ide. Namun, perbedaan ini tidak jelas, dan banyak permainan yang juga dianggap bekerja (seperti pemain profesional dari penonton olahraga / permainan) atau seni (seperti jigsaw puzzle atau permainan yang melibatkan sebuah layout artistik seperti Mahjong Solitaire).

Komponen kunci permainan adalah sasaran-sasaran, aturan, tantangan, dan interaksi. Games generally involve mental or physical stimulation, and often both. Games biasanya melibatkan stimulasi mental atau fisik, dan sering keduanya. Banyak permainan praktis membantu mengembangkan keterampilan, berfungsi sebagai bentuk latihan, atau melakukan suatu pendidikan, simulational atau psikologis peran. Menurut Chris Crawford, persyaratan untuk menempatkan interaksi pemain kegiatan seperti jigsaw puzzle dan solitaire "permainan" ke dalam kategori teka-teki, bukan permainan.

Dibuktikan sejak 2600 SM, game universal bagian dari pengalaman manusia dan hadir di semua budaya. The Royal Game of Ur, Senet, dan Mancala adalah beberapa permainan tertua.

Permainan komputer adalah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi, dan bukan pada konsol permainan, maupun mesin ding-dong. Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai menjadi kompleks dan mutakhir. Namun, pasar permainan komputer di Amerika Serikat mulai menurun sejak tahun 1999.

Definisi lain Game

"Sebuah permainan adalah suatu sistem di mana pemain terlibat dalam konflik buatan, ditetapkan oleh aturan, yang menghasilkan hasil kuantitatif." (Katie salen dan Eric Zimmerman)
"Sebuah permainan adalah suatu bentuk seni di mana peserta, disebut pemain, membuat keputusan dalam rangka untuk mengelola sumber daya melalui permainan tanda dalam mengejar tujuan."(Greg Costikyan)
"Sebuah permainan adalah aktivitas antara dua atau lebih mandiri mencari pembuat keputusan untuk mencapai tujuan mereka dalam beberapa konteks membatasi."(Clark C. Abt)
"Pada tingkat yang paling dasar maka kita dapat mendefinisikan permainan sebagai latihan sistem kontrol sukarela di mana ada pertentangan antara kekuatan-kekuatan, dibatasi oleh prosedur dan aturan-aturan dalam rangka untuk menghasilkan hasil disequilibrial." (Elliot Avedon dan Brian Sutton-Smith)
"Sebuah permainan adalah suatu bentuk bermain dengan tujuan dan struktur."(Kevin Maroney)

Permainan video adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan, misalnya skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Permainan video banyak menggunakan joystick sebagai alat interaksi

Kata "video" pada "permainan video" pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah "video game", kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.

Permainan online adalah jenis permainan video atau permainan komputer dengan menggunakan jaringan komputer, umumnya internet, sebagai medianya. Permainan online terdiri dari dua unsur utama, yaitu server dan client. Server adalah penyedia layanan gaming yang merupakan basis agar client-client yang terhubung dapat memainkan permainan dan melakukan komunikasi dengan baik. Suatu server pada prinsipnya hanya melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client-client. Sedangkan client adalah pengguna permainan dan memakai kemampuan server.

Contoh permainan online adalah Ragnarok Online, Risk Your Life, dan GunBound, Rising Force Online, Seal Online, Revonline , Master Of Fantasy , Travian

Permainan konsol adalah permainan video yang dimainkan pada konsol permainan, dan bukan pada komputer pribadi, maupun mesin ding-dong. Konsol permainan ini biasanya terhubung pada televisi dan menghasilkan gambar serta suara. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan alat genggam yang terhubung ke konsol permainan, yang disebut kontroler. Kontroler ini memiliki sejumlah tombol dan kontrol arah, yang masing-masing menggerakkan dan memanipulasi gambar di layar televisi.

Game dibuat dengan tujuan untuk mengeksplore kemampuan pengetahuan dan skill yang ada dan yang terpenting adalah membentuk kepribadian sang pemain game… contoh game The SIM’s, game yang membantu kita bersosialisasi dengan orang lain dan membuat hidup lebih hidup….

Meningkatkan kemampuan serta pengetahuan,… seorang gamer lebih berfikir teliti dibanding orang yang tidak pernah bermain game… pemain game strategi disaat dia melihat sesuatu masalah pasti lebih berfikir 2 kali dibanding orang lain…

Tapi terlalu banyak main game bisa ada efeknya juga, membuat malas untuk melakukan aktifitas lain…. Dan terkadang merubah waktu tidur.

7 Manfaat Penggunaan Game

1.
Pengalaman (experience).
Game memberikan pengalaman bagi konsumen. Untuk itu, gameplay pun harus dibuat menarik dan merefleksikan citra brand. Biasanya, tema game mengikuti kampanye iklan brand itu di media lain (TV, print, billboard, dll).
2.
Interaktifitas (interactivity).
Game membangun interaktifitas pemain dengan brand. Kedekatan emosional brand dengan pemain bisa dibangun di sini.
3.
Berulang (repetitive).
Game bisa dimainkan berulang-ulang, dengan waktu yang ditentukan sendiri oleh pemain. Jadi, kapan pun pemain menyempatkan diri bermain, saat itu juga dia tereskpos oleh brand tersebut.
4.
Terukur (measurable).
Game bisa mengukur seberapa sering, seberapa lama, dan seberapa banyak pemain terekspos oleh suatu brand.
5.
Database.
Game membangun database pemain, yang bisa dimanfaatkan produsen untuk kebutuhan pemasaran brand tahapan selanjutnya.
6.
Integrasi online-online.
Game bisa diintegrasikan dengan kampanye online brand yang lain. Penggunaan website, blog, forum, dan rich media bisa memperkuat penetrasi brand di dunia online.
7.
Integrasi online-offline.
Game bisa diintegrasikan dengan kampanye offline brand. Sistem prestasi dalam game memungkinkan pemain mendapatkan hadiah yang bisa diambil di retail terdekat.

http://en.wikipedia.org/wiki/Game 
http://media-ide.bajingloncat.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger